Jumat, 15 Mei 2009

fenomena halo bulan


Ehmm....bagus bangettt...ini dia yang sering kulihat dilangit di jam jam tengah malem. Kusempatkan sejenak memandang langit, pada hamparan bintang bintang, kuamati satu persatu, sekumpulan rasinya, dari ujung hingga ke ujung cakrawala. Dan wow!yang paling bikin kagum adalah HALO! dari cuman ngliat2 aja akhirnya terusik juga rasa ingin tahuku, lalu coba ku ubek ubek internet dan kudapakan sekelumit info tentang fenomena ini. Sebenernya uda pernah kepelajari waktu SD sie--kayanya--cuman lupa namanya.hehe

Yupz!ternyata, ini adalah fenomena HALO. Halo bisa terjadi pada bulan,kalo malem, juga matahari, kalo siang. Halo matahari belom pernah liat, lebih sering kalo malem, Halo bulan.

Well, halo adalah lingkaran cahaya seperti pelangi yang mengelilingi matahari atau bulan. Ini sejenis fenomena alam, indah dilihat dimana awan terbuka secara melingkar dikelilingi bias cahaya, bentuknya seperti cincin yang mengelilingi bulan dan matahari yang terjadi karena pertemuan penguapan/kondensi suhu.



Kenapa bisa terjadi lingkaran ,

1. Bulan Purnama : dimana sisi dari bulan terkena illuminasi cahaya dari matahari menghadap bumi dgn posisi garis yang sejajar dengan susunan matahari , bumi dan bulan
2.Secara logika Bias cahaya tersebut bisa terbentuk karena 2 hal :
*Refleksi dari permukaan bulan
*Illuminasi lansung dari cahaya matahari dimana tengahnya terpotong oleh bumi.

Lalu pada garis itulah terjadi pertemuan 2 suhu yang berbeda , dimana suhu panas selalu mempunyai sifat naik ke atas dan suhu dingin menuju ke bawah.

Lingkaran/cincin akan makin membesar kalo suhu uap panas bumi semakin turun, lingkaran akan makin kecil kalo panas bumi meningkat.
Dan...kalo udara lebih bersih kamu bakal lihat pelangi melingkar yang sangat bulat.
Begitulah kira2 pengamatanku selama ini. :D

Sebenernya banyak jenis fenomena halo. Tapi fenomena halo ini kebanyakan terjadi akibat adanya kristal es dalam awan sirus yang dingin.

Biasanya awan ini terletak pada ketinggian 5–10 km di lapisan troposfer atas. Bentuk dan orientasi kristal-kristal ini menentukan bentuk halo yang terjadi.

Coba liat deh..sempatkan mandang langit malem2, apa lagi kalo lagi purnama.

Bersyukur kita diberi mata waras gak buta n gak juling so bisa ngliat apa aja di dunia ini, itung2 cu-ma(cuci mata) sambil menikmati indahnya alam pemberian Tuhan. Bisa jadi bahan buat nge-refresh kepala stress. Asyik kan?
Eitzz....tapi jangan dipake buat ngliat yang kagak-kagak yaww??:D

Kalo udah gini...damai rasanya, betah berlama2 memandang langit . Dan saat yang tepat tuk merenung, takjub pada kebesaran Illahi, mengingatkan kembali pada orang2 yang kita kasihi dan bagaimana kehidupan kita berjalan selanjutnya.
----Bahwa segala sesuatu bisa terjadi diluar pengetahuan manusia-----

So, enjoy it!

5 komentar: